Peran Guru Dalam Membangun Karakter Siswa di MAN Batubara

Bariah, Khairul (2021) Peran Guru Dalam Membangun Karakter Siswa di MAN Batubara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Khairul Bariah2 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Mendeskripsikan bagaimana peran guru membangun karakter siswa disekolah tersebut (2)Pelaksanaan strategi guru dalam pembangunan karakter siswa (3)Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung guru dalam membangun karakter siswa. Metode yang digunakan penelitian adalah jenis kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data:Observasi,Dokumentasi, dan Wawancara.Sedangkan untuk analisisnya,peneliti menggunakan teknis analisis deskriftif kualitatif ,merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai apa adanya. Metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpostivisme,digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperime) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci,pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru Pendidikan Agama Islam sudah melakukan perannya seperti guru sebagai pengajar yakni guru pendidikan agama Islam telah mengajarkan tentang kejujuran, kedisiplinan, sopan santun dan keteladanan.(2) Dalam pembentukan karakter siswa, guru pendidikan agama Islam menggunakan starategi atau metode pembentukan karakter seperti metode hiwar atau percakapan, qhisas atau cerita,amtsal atau perumpamaan. Uswah atau keteladanan dan pembiasaan.(3) Faktor penghambat dalam pembentukan karakter siswa adalah faktor eksternal seperti pergaulan teman sebaya yang kurang baik dan adanya media sosial yang berlebihan dan tanpa bimbingan orangtua, sedangkan faktor pendukung dilatarbelakangi lingkungan keluarga yang mengajarkan hal yang baik terhadap anaknya

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:37
Last Modified: 25 Aug 2022 08:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15517

Actions (login required)

View Item View Item