Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbasis Socio Scientific Issues Terhadap Communication Skills Siswa Kelas X SMAS PAB 4 Sampali Pada Materi Keanekaragaman Hayati

Wardani, Siti Muthia Rahma (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Berbasis Socio Scientific Issues Terhadap Communication Skills Siswa Kelas X SMAS PAB 4 Sampali Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SITI MUTHIA RAHMA WARDANI - Skirpsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing berbasis socio scientific issues terhadap communication skills siswa pada materi keanekaragaman hayati. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control grup desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAS PAB 4 Sampali. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kntrol. Teknik pengumpulan data digunakan adalah tes-t. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan komunikasi tulis siwa pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi active knowledge sharing lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dibutktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan test-t yang didapatkan t hitung = 2,628 dengan melihat krikteria uji taraf 5% diperoleh t tabel = 2,008, dimana dengan krikteria uji t hitung lebih besar dari t tabel = 2,638>2,008, sehingga H0 ditolak, berarti Ha diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Knowledge Sharing, Kemampuan Komunikasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:29
Last Modified: 25 Aug 2022 08:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15515

Actions (login required)

View Item View Item