Pengembangan Media Pembelajaran BP-Book (Big And Pillow Book) untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Kelas Awal di Min Kota Binjai

Siregar, Latifa Hanum (2021) Pengembangan Media Pembelajaran BP-Book (Big And Pillow Book) untuk Mengatasi Kesulitan Membaca Kelas Awal di Min Kota Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
2021 BISMILLAH SKRIPSI LATIFA HANUM SIREGAR-PGMI4.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemakaian media pembelajaran menjadi hal yang semakin hangat diperbincangkan. Tak lain karena media dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media buku bantal yang dikombinasikan dengan Big Book dan dinamai BP-Book (Big and Pillow Book) yang valid, praktis dan efektif sehingga layak digunakan untuk mengatasi kesulitan membaca kelas awal di MIN Kota Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dengan mengikuti alur ADDIE (Analysis, Desaign, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang ahli yang tediri dari 2 dosen dan 1 guru kelas, serta 9 orang siswa kelas I MIN Kota Binjai. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan angket (kuesioner) dengan teknik analisis data adalah teknik deksriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menujukkan bahwa media BP- Book setelah divalidasi oleh ahli mendapatkan skor rata-rata 4,3. Dari hasil kuesioner uji coba mendapatkan skor rata-rata 4,3. Serta dari nilai rata-rata pretest 57,7 dan posttest 72,7 mendapatkan presentasi gain 61%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran BP-Book untuk mengatasi kesulian membaca kelas awal di MIN Kota Binjai dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca, BP-Book, Valid, Praktis, Efektif, Kelas Awal.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:11
Last Modified: 25 Aug 2022 08:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15510

Actions (login required)

View Item View Item