Pengembangan Perangkat Pembelajaran LKPD Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Limit Fungsi Kelas XI SMA Swasta Taman Siswa Sukadamai Tahun Ajaran 2020/2021

Nurullita, Nurullita (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran LKPD Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Limit Fungsi Kelas XI SMA Swasta Taman Siswa Sukadamai Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI - NURULLITA - FITK - PMM.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada materi limit fungsi, mengetahui kelayakan LKPD, dan juga untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD ditinjau dari aspek kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan model penelitian 4-D yaitu: define, design, develop, and dessiminate. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Swasta Tamansiswa Sukadamai tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 peserta didik. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian LKPD oleh dosen ahli, guru matematika, teman sejawat, angket respon peserta didik, dan tes kemampuan berpikir kritis peserta didik. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan LKPD layak digunakan. Kevalidan LKPD ditunjukkan oleh rata-rata skor 4,38 dengan klasifikasi sangat baik. Kepraktisan LKPD memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon peserta didik 4,12 dengan kriteria baik. Sedangkan keefektifan LKPD ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik memenuhi kriteria efektif dengan ditunjukkan oleh peningkatan persentase ketuntasan belajar peserta didik dari pretest yaitu 8% ke post test yaitu 68% dengan kategori baik dan juga diukur kesignifikanannya melalui uji t dengan hasil t hitung = 13,606 dan t tabel = 2,064 , dimana t hitung > t tabel dengan keputusan terdapat perbedaan signifikansi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Ktritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:27
Last Modified: 25 Aug 2022 07:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15497

Actions (login required)

View Item View Item