Perbedaan Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Gunung Sitoli Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Zebua, Syafrudin (2021) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Gunung Sitoli Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
AULIA FARHAN SKRIPSI NEW IKOM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan materi Bani Umayyah di kelas VII MTs. Negeri Kota Gunung Sitoli Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Negeri Kota Gunung Sitoli yang berjumlah 51 siswa dan sampel adalah sebanyak 51 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes. Dari analisis data diperoleh rata-rata nilai pre test kelas eksperimen ( ) X1 = 56,48 serta standar devasinya (SD1) = 10,09 sedangkan rata- rata nilai pre-test kelas kontrol ( ) X2 45,23 dengan standar deviasinya (SD2) = 7,57. Kemudian rata-rata nilai post test kelas eksperimen ( X1 ) = 86, 36 serta standar deviasinya (SD1) = 7,97. sedangkan rata-rata nilai post test kelas kontrol ( ) X2 = 78,46 dengan srandar deviasi (SD2) 6,60. Kemudian dari uji normalitas diperoleh bahwa Lo >Ltabel, dan uji homogenitas diperoleh bahwa Ftabel > Fhitung. Dari uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t dua pihak diperoleh thitung = 2,401 dan ttabel = 1,677 pada taraf signifikansi  = 0,05 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang positif dan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe STAD di kelas VII MTs. Negeri Kota Gunung Sitoli Pada Mata Pelajaran Kebudayaan Islam dengan materi Bani Umayyah Tahun Pembelajaran 2020/2021.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:40
Last Modified: 25 Aug 2022 04:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15485

Actions (login required)

View Item View Item