Perbedaan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Yang Diajar Menggunakan Alat Peraga Dan Power Point Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas X MA Al-Washliyah 12 Perbaungan Tahun Ajaran 2020/2021

Pratama, Mursihan (2020) Perbedaan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Yang Diajar Menggunakan Alat Peraga Dan Power Point Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas X MA Al-Washliyah 12 Perbaungan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI MURSIHAN PRATAMA 3 (2).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar matematika menggunakan alat peraga dan power point pada materi relasi dan fungsi di kelas X MA Al-Washliyah 12 Perbaungan tahun pembelajaran 2021/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas X MA AL-Washliyah 12 Perbaungan tahun pembelajaran 2020/2021 yang berjumlah 64 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas XA dan XB yang masing-masing berjumlah 32 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang ditentukan dengan cara sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan intrumen tes minat dan hasil belajar matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan alat peraga dan power point terhadap minat belajar matematika pada materi relasi dan fungsi di kelas X MA Al-Washliyah 12 Perbaungan dengan Fhitung = 4,423> Ftabel pada taraf (a=0,05) = 3,996;2) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika menggunakan alat peraga dan power point pada materi relasi dan fungsi di kelas X MA Al-Washliyah 12 Perbaungan dengan Fhitung = 0,003< Ftabel pada taraf (a=0,05) = 3,996; 3)Terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan alat peraga dan power point terhadap minat dan hasil belajar matematika pada materi relasi dan fungsi di kelas X MA Al-Washliyah 12 Perbaungan dengan Fhitung = 3,926> Ftabel pada taraf (a=0,05) = 3,918. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa minat dan hasil belajar matematika lebih baik diajarkan menggunakan media pembelajaran alat peraga dari pada menggunakan media pembelajaran Power point.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:21
Last Modified: 25 Aug 2022 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15482

Actions (login required)

View Item View Item