Putra, Azhari Aiga (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas X MAS SKB 3 Menteri Desa Bingkat Kabupaten Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
SKRIPSI AZHARI AIGA PUTRA NIM. 31141012.pdf Download (4MB) |
Abstract
Hasil belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan hasil merupakan hasil dari proses belajar. Memahami pengertian hasil belajar secara garis besar harus bertitik tolak kepada pengertian belajar itu sendiri. Hasil belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi tiga aspek yakni: kognitif, afektif dan psikomotorik, sebaliknya dikatakan hasil kurang memuaskan jika seseorang belum mampu memenuhi target dalam ketiga kriteria tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pelajaran Akidah Akhlak di kelas X MAS SKB 3 Menteri Desa Bingkat Kabupaten Serdang Bedagai. Metode penelitian ini adalah penelitian dalam kelas meliputi kegiatan pelaksanaan tindakan kelas (PTK) berupa kergiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS SKB 3 Menteri Desa Bingkat Kabupaten Serdang Bedagai yang berjumlah 33 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah penerapan model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah dilakukannya pengolahan dan analisa terhadap hasil penelitian dikemukakan bahwa hasil bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran AkidahAkhlak pokok bahasan membiasakan akhlak terpuji di kelas X MAS SKB 3 Menteri Desa Bingkat Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2018/2019
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Yuliarita Yuliarita |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 04:13 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 04:13 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15479 |
Actions (login required)
View Item |