Upaya Guru Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Self Eficacy Siswa Dalam Belajar Di Mas Muallimin Univa Medan

Yombo, Allaili Ashr S. (2021) Upaya Guru Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Self Eficacy Siswa Dalam Belajar Di Mas Muallimin Univa Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ALLAILI ASHR (plagiasi) pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan self efficacy siswa dalam belajar dan hambatan yang dialami guru bimbingan konseling serta hambatan yang mempengaruhi efikasi diri siswa menjadi rendah di MAS Muallimin Univa Medan, di Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan. Subjek utama dari penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dilakukan kepada guru BK dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan terhadap masalah penelitian upaya guru BK untuk siswa yang efikasi diri rendah yaitu dengan dilakukan nya beberapa pendekatan sebagai berikut: a). Mengetahui siswa yang efikasi dirinya dalam belajar cukup rendah, b)Guru bimbingan konseling mencari tahu terlebih dahulu dari sumber lain, seperti guru mata pelajaran dan teman sebaya yang sehari hari bergaul disekolah, c) serta melihat juga proses perkembangan siswanya dari kegiatan ekskul wajib yang memang langsung guru bimbingan konseling ikut andil membimbing siswa yang akan memilih kegiatan ekskul nya serta memantau dalam jalannya ekskul tersebut d) melaksanakan konseling individu dengan siswa yang bersangkutan, dengan tanpa sepengetahuan teman lain agar siswa tidak merasa malu, e)Menanyakan sebab kepada siswa mengapa efikasi dirinya rendah dilihat dari aktivitas belajar nya yang semakin menurun dan tidak menonjol, f)Melihat dan memantau perkembangan setelah melakukan konseling di ruangan Bimbingan Konseling, g) Jika tidak ada perubahan dan sudah masuk konteks yang parah guru bimbingan konseling melakukan kunjungan rumah sesuai dengan kondisi yang ada agar bertemu langsung dengan orang tua siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru BK, Meningkatkan Self Efficacyi, Siswa Dalam Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:04
Last Modified: 25 Aug 2022 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15478

Actions (login required)

View Item View Item