Peran guru Pembimbing Dalam pelaksanaan Pengajaran Perbaikan di MAN 1 Padangsidimpuan

Siregar, Nurkhoiriyah (2021) Peran guru Pembimbing Dalam pelaksanaan Pengajaran Perbaikan di MAN 1 Padangsidimpuan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
NURKHOIRIYAH SIREGAR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Kegiatan yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam melaksanakan diagnosis kesulitan belajar siswa sebagai persiapan pelaksanaan dalam pengajaran perbaikan di MAN 1 Padangsidimpuan, 2) Kegiatan yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam memberikan bantuan perbaikan (pengajaran remedial) di MAN 1 Padangsidimpuan, dan 3) Kegiatan yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam penilaian dan tindaklanjut dari pelaksanaan Pengajaran perbaikan di MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian fenomenologis, dandengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan; observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Proses analisa data dilakukan mulaidari; reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan creadibility, tranferability, dependability dan comfirmability. Hasil penelitian ini adalah: 1) Diagnosis kesulitan belajar siswa sebagai persiapan kegiatan pengajaran perbaikan dilakukan melalui empat tahapan, yakni identifikasi siswa, identifikasi letak dan jenis kesulitan belajar, menentukan faktor penyebab kesulitan belajar dan merencanakan bantuan, 2) Pelaksanaan pengajaran perbaikan dilaksanakan oleh guru BK melalui pelaksanaan bantuan, dimana kegiatan ini diarahkan pada pemberian tugas, memberikan layanan pembelajaran terkait cara dan kebiasaan belajar, motivasi belajar dan layanan minat belajar, dan 3) Upaya yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam pelaksanaan pengajaran perbaikan terutama dalam kaitan penilaian dan tindak lanjut dilaksanakan secara bersama melalui koordinasi dan diskusi antara guru BK dengan guru mata pelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Puru Pembimbing dan Pelaksanaan Pengajaran Perbaikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:56
Last Modified: 25 Aug 2022 03:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15475

Actions (login required)

View Item View Item