Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah 01 Kota Binjai Tahun Ajaran 2020/2021

Nurrahmah, Utari (2021) Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah 01 Kota Binjai Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Utari.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R dan pembelajaran Konvensional terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 01 Kota Binjai Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Muhammadiyah 01 Kota Binjai yang berjumlah 90 siswa, dan sampel yang digunakan pada kelas IIIa dan IIIb. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, tes yaitu pre-test dan pos-test sebanyak 10 butir soal pilihan berganda. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa 1) Terdapat pengaruh metode SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 01 Kota Binjai dengan hasil nilai peserta didik menggunakan metode SQ3R memperoleh rata-rata kelas siswa yaitu 67,58. 2) Terdapat pengaruh pembelajaran konvensional terhadap keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas III SD Muhammadiyah 01 Kota Binjai dengan hasil nilai peserta didik menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 58,21

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode SQ3R dan Keterampilan Membaca Pemahaman
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Aug 2022 08:29
Last Modified: 24 Aug 2022 08:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item View Item