Implementasi strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab Mahasiswa STAI AS-Sunnah Tanjung Morawa Deli Serdang

Kamalia, Kamalia (2022) Implementasi strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab Mahasiswa STAI AS-Sunnah Tanjung Morawa Deli Serdang. Doctoral thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1 Cover Dkk.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (715kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
7 Daftar Pustaka Dkk.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis penerapan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab mahasiswa, 2) untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pada penerapan strategi pembelajaran aktif berbicara bahasa Arab mahasiswa, dan 3) untuk mengidentifikasi hasil yang diperoleh setelah penerapan strategi pembelajaran aktif berbicara bahasa Arab mahasiswa STAI As-Sunnah Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Informan dipilih secara purposive, yaitu pimpinan dan dosen-dosen pengampu mata kuliah Bahasa Arab dan yang terkait dengannya. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan teknik analisis data versi Miles dan Huberman, langkah-langkahnya: data reduction, data display, dan conclusion drawing and verification. Hasil penelitian menunjukkan, penerapan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab mahasiswa di STAI As-Sunnah Tanjung Morawa Deli Serdang dilakukan dengan All In One System atau Naẓariyatul Wihdah untuk mahāratul istimā’, kalām, qirā’ah, dan kitābah. Keempat skill itu dipraktekkan pada dua model, yaitu melalui I’dād Lughah dan pembelajaran di kelas. Buku pegangan dosen dan mahasiswa berjudul Al-‘Arabiyyah Baina Yadaik ( العربية يديك بين (Jilid 1, 2 dan 3 untuk I’dād Lughah dan Jilid 4 untuk pembelajaran di kelas program S.1. Strategi pembelajaran aktif yang dipraktekkan adalah metode tikrār, halaqah, mubāsyarah, tarjamah, qawā’id, istilāhiyah, dan sam’iyah yang didukung laboratorium bahasa, buku-buku perpustakaan berbahasa Arab, dan asrama (ma’had/boarding school) untuk bī’ah lughawiyah. Sehari-hari mahasiswa wajib berbahasa Arab, itu jadi Etika Akademik Mahasiswa. Komitmen, keseriusan dan dukungan semua pihak kunci sukses mahir berbicara bahasa Arab. Hasilnya 95% lulusan I’dād Lughah dapat lanjut belajar ke kelas sesuai prodi pilihan masing- masing. Juga, berbagai prestasi diperoleh dari perlombaan berbahasa Arab. Ada yang melanjutkan pendidikan S-1 ke Timur Tengah. Sebanyak 80% alumni S-1 dari STAI As-Sunnah Tanjung Morawa Deli Serdang mahir berbicara bahasa Arab.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.38 Pendidikan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Mar 2023 08:29
Last Modified: 24 Mar 2023 08:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15461

Actions (login required)

View Item View Item