Upaya Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kreativitas Melalui Strategi SQ3R Kelas IV MIN 2 Medan Kec. Medan Labuhan Tahun Pelajaran 2019/2020

Damanik, Putri Anggraini (2020) Upaya Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kreativitas Melalui Strategi SQ3R Kelas IV MIN 2 Medan Kec. Medan Labuhan Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI ANGGRAINI DAMANIK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya strategi SQ3R (Survey,Question,Read,Recited,Review) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kreativitas teks pengumuman di kelas IV MIN 2 Medan. (2) mengetahui proses penerapan strategi SQ3R (Survey,Question,Read,Recited,Review) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kreativitas teks pengumuman di kelas IV MIN 2 Medan. (3) Mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan strategi SQ3R (Survey,Question,Read,Recited,Review) pada mata pelajaran Bahasa indonesia materi kreativitas teks pengumuman di kelas IV MIN 2 Medan. (4) hasil belajar siswa setelah diterapkannya strategi SQ3R (Survey,Question,Read,Recited,Review) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kreativitas teks pengumuman di kelas IV MIN 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Medan yang berjumlah 32 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu: (1) observasi (2) dokumentasi (3) pree test (4) post test. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) hasil belajar siswa sebelum di terapkannya strategi SQ3R (Survey,Question,Read,Recited,Review) masih sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebesar 63,90. dan yang tuntas belajar hanya 10 orang (31,25%). (2) penerapan strategi SQ3R (Survey,Question,Read,Recited,Review) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi kreativitas teks pengumuman siklus I memiliki persentase ketuntasan hasil belajar klasikal 68,75% dengan nilai rata-rata 72,34. (3) Pada siklus II hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 87,5% dengan nilai rata- rata 82,50. (4) Serta respon siswa pada strategi SQ3R (Survey,Question,Read,Recited,Review) sangat baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi SQ3R (Survey,Question,Read,Recited,Review)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Aug 2022 10:53
Last Modified: 22 Aug 2022 10:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15400

Actions (login required)

View Item View Item