Penerapan Aplikasi Game Timeline dalam Pembelajaran Sejarah Masyarakat Indonesia Pada Masa Pra-Aksara di MTs Swasta PAB 2 Sampali

Munthe, Hartina Khairani (2021) Penerapan Aplikasi Game Timeline dalam Pembelajaran Sejarah Masyarakat Indonesia Pada Masa Pra-Aksara di MTs Swasta PAB 2 Sampali. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
HARTINA KM SKRIPSIKU bismillah___-1-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Swasta PAB 2 Sampali tentang penerapan aplikasi game timeline dalam pembelajaran sejarah masyarakat Indonesia pada masa pra-aksara yang dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan semangat peserta didik pada saat proses pembelajaran dikelas karena tidak menggunakan sebuah media pembelajaran yang menarik perhatian peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan respon peserta didik terhadap aplikasi game timeline dalam pembelajaran sejarah masyarakat Indonesia pada masa pra-aksara. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-2 MTs Swasta PAB 2 Sampali yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi yaitu ahli materi, ahli media, guru serta angket respon peserta didik. Pemilihan aplikasi ini didasarkan atas penggunaannya yang mudah digunakan yaitu hanya dengan android dan diinstal melalui apk.file sehingga tidak perlu media tambahan dalam proses penggunaannya. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari ahli materi yaitu dengan persentase 80%, ahli media dengan persentase yang diperoleh 79,16%, dan guru IPS MTs Swasta PAB 2 Sampali dengan persentase 82,5% termasuk pada kategori valid. Hasil implementasi pada respon peserta didik dengan memberikan angket diperoleh persentase 89,6% termasuk kategori sangat baik. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi game timeline dalam pembelajaran sejarah masyarakat Indonesia pada masa pra-aksara valid untuk digunakan di MTs Swasta PAB 2 Sampali.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Game Timeline, Pembelajaran Sejarah Masyarakat Indonesia Pada Masa Pra-Aksara
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Aug 2022 10:18
Last Modified: 22 Aug 2022 10:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15394

Actions (login required)

View Item View Item