Tuulpa, Sonia (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tie Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTs Di Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
SONIA TUULPA PAI UIN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII MTs di Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis. Fikih sebagai salah satu mata pelajaran di Madrasah khususnya MTs di Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis, dapat memberikan peranan dan pengalaman bagi siswa. Karena esensi proses pembelajaran fikih pada dasarnya terletak pada kemampuannya untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa dan dapat tampil sebagai kalifah di muka bumi ini. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji t dengan membandingkan nilai perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatife tipe make a match terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII di Pesantren MTs Mawaridussalam Batang Kuis hal ini data dianalisis dari niai thitung sebesar 15,820 dan ttabel sebesar 2,001 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya HI diterma dan Ho ditolak. Artinya bahwa pembelajaran dengan model kooperatife tipe make a macth lebih unggul digunakan dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII MTs di Pesantren Mawaridussalam Batang Kuis.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 04:15 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 04:15 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15372 |
Actions (login required)
View Item |