Strategi Kepala Sekolah dalam Mempersiapkan Pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer (UNBK) Di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu

Sanusi, Muhammad (2020) Strategi Kepala Sekolah dalam Mempersiapkan Pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer (UNBK) Di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
TESIS M. SANUSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang apa saja yang harus dilakukan, proses simulasi serta ketercapaian dari persiapan kepala sekolah dalam persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisi data oleh Miles Dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan untuk keabsahan data mengacu pada empat standart validasi yang terdiri dari Kredibilitas, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil temuan peneltian adalah: 1. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam mewujudkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu diantaranya: Melatih mental peserta ujian untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), berupa: a) Motivasi yang selalu diberikan setiap sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran, b) Bimbingan belajar (bimbel) tambahan, bimbingan tambahan untuk mata pelajaran yang akan di ujiankan yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam, c) Bimbingan secara psikologis agar peserta ujian yang akan melakukan pelaksanaan UNBK ini tidak gugup, berupa, d) Pemahaman dan keyakinan mengenai ppelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan, e) Teknis cara belajar menghadapi, f) Melakukan pelatihan ujian try out Ujian Nasional (UN), simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan, g) Doa bersama. 2. Proses simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dilakukan di SMK Al Azis Kabupaten Labuhanbatu dengan mengikuti prosedur yang telah dibuat oleh kepala sekolah, diantaranya: a) Menyiapkan ruangan yang sesuai standar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK); b) Menyiapkan proktor dan teknisi pada saat simulasi; c) Menyiapkan tanda pengenal peserta simulasi yang dibantu oleh guru; d) Menyiapkan mesin genset, waspada apabila terjadi padam listrik secara keseluruhan. 3. Pencapaian pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer adalah ujian dilakukan siswa dengan jujur dan tingkat kecurangan adalah nol dan nilai yang diperoleh lebih objektif.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 03:36
Last Modified: 22 Aug 2022 03:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15364

Actions (login required)

View Item View Item