Peran Resiliensi Terhadap Hasil Belajar Siswa MTsN 2 Medan Di Masa Pandemi Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling

Anjelia, Yenni Riski (2021) Peran Resiliensi Terhadap Hasil Belajar Siswa MTsN 2 Medan Di Masa Pandemi Serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI YENNI RISKI ANJELIA BKPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Resiliensi merupakan suatu konsep yang menunjukkan kemampuan seseorang untuk mengatasi dan beradaptasi terhadap masa-masa sulit yang dihadapi. Siswa yang memiliki resiliensi, akan memperoleh hasil belajar yang baik. Penelitian ini membahas tentang peran resiliensi terhadap hasil belajar siswa MTsN 2 Medan dimasa pandemi serta implikasinya dalam bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran resiliensi terhadap hasil belajar siswa MTsN 2 Medan, (2) untuk mengetahui implikasi peran resiliensi terhadap hasil belajar siswa MTsN 2 Medan di bidang bimbingan dan konseling. Skripsi ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Karena peneliti berusaha untuk mengetahui peran resiliensi terhadap hasil belajar siswa MTsN 2 Medan dimasa pandemi, maka dengan demikian data yang akan dikumpulkan dalam penelitian berupa angka-angka dan informasi mengenai hasil belajar siswa MTsN 2 Medan, dimana variabel penelitian (bebas dan terikat) dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat berdasarkan nilai thitung sebesar - 1,707 < ttabel 1,98157 variabel X (resiliensi) tidak berperan terhadap variabel Y (hasil belajar). Mengacu pada dasar pengambilan keputusan uji regresi sederhana dimana nilai thitung < ttabel, artinya variabel X tidak berperan terhadap variabel Y, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima, dimana Hipotesis 1 (H0): tidak ada peran resiliensi terhadap hasil belajar siswa MTsN 2 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:44
Last Modified: 19 Aug 2022 08:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15359

Actions (login required)

View Item View Item