Hubungan Motivasi Kerja Dan Pengelolaan Stres Dengan Komitmen Afektif Guru Di SMA Negeri Se-Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai

Sahana, Willi (2021) Hubungan Motivasi Kerja Dan Pengelolaan Stres Dengan Komitmen Afektif Guru Di SMA Negeri Se-Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
TESIS WILLI SAHANA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan motivasi kerja terhadap komitmen afektif guru, (2) hubungan pengelolaan stres terhadap komitmen afektif guru, (3) hubungan motivasi kerja dan pengelolaan stres terhadap komitmen afektif guru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri Se-Kecamatan Datuk Bandar kota Tanjungbalai yang berjumlah 162 guru, sampel penelitian sebanyak 111 guru. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket. Sebelum instrument (angket) penelitian digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba yang dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menghitung uji validitas angket digunakan rumus product moment dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus alpha. Item angket yang valid untuk variabel komitmen afektif guru adalah 35 item dan invalid 5 item, item angket yang valid untuk variabel motivasi kerja adalah 34 item dan invalid 6 item, item dan angket yang valid untuk variabel pengelolaan stres adalah 34 item dan invalid 6 item. Koefisien reliabilitas untuk instrumen komitmen afektif guru = 0,91, motivasi kerja = 0,908 pengelolaan stres = 0,804, termasuk dalam kategori sangat tinggi. Uji persyaratan analisis adalah uji linieritas dan keberartian regresi, independen variabel bebas, normalitas, homogenitas, Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan anlisis Korelasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan secara langsung motivasi kerja dengan komitmen afektif guru sebesar (r) = 0,878; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan secara langsung pengelolaan stres terhadap komitmen afektif guru sebesar (r) 0,899 (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung motivasi kerja dan pengelolaan stres terhadap komitmen afektif guru diperoleh korelasi simultan (R) = 0,911, kemudian diperoleh juga koefesien determinasi sebesar 0,911%. Semakin tinggi hubungan motivasi kerja dan pengelolaan stress terhadap komitmen afektif guru maka semakin tinggi pula dalam mempengaruhi komitmen afektif guru SMA Negeri Se-Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjungbalai. Dengan demikian, untuk mengoptimalkan komitmen afektif guru perlu peningkatan motivasi kerja yang tinggi dan pengelolaan stres yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Pengelolaan Stres dan Komitmen Afektif Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:04
Last Modified: 19 Aug 2022 08:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15344

Actions (login required)

View Item View Item