Pengaruh Model Pembelajaran Ioc (Inside Out Side Circle) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Di Kelas IV

Ananda, Rizky Putri (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Ioc (Inside Out Side Circle) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik Di Kelas IV. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI RIZKY PUTRI ANANDA PERPUSTAKAAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran IOC (Inside Out Side Circle). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD IT Nuruz Zaini. Adapun jumlah kelas IV-A sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol berjumlah 12 siswa. Adapun pengambilan sample menggunkan teknik Non Probability Sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis Purposive Sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan menggunakan teknik pengambilan sample, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: (a) penerapan model IOC (Inside Out Side Circle) sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terhadap pembelajaran tematik. (b) terdapat pengaruh sekitar 89,9% pembelajaran IOC (Inside Out Side Circle) terhadap pengaruh pembelajaran tematik. Sebaran data berdistribusi normal dengan 0,064 hal tersebut dikatakan normal dengan taraf signifikan 5%, untuk homogenitas 0,616 yang dapat dikatakan homogen dengan taraf signifikan 5%. Sedangkan untuk regresi linier bernilai 0,00 < dari 0,05 sehingga hasil belajar siswa terhadap tematik memilki pengaruh atas model pembelajaran yang digunakan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Pada Mata Pelajaran Tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:36
Last Modified: 19 Aug 2022 07:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15336

Actions (login required)

View Item View Item