Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Biologi Pada Santri Kelas VII Pondok Pesantren Khoiru Ummah

Jumiah, Jumiah (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Biologi Pada Santri Kelas VII Pondok Pesantren Khoiru Ummah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
JUMIAH_SKRIPSI_REPOSITORY UINSU.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar biologi pada santri kelas VII Pondok Pesantren Khoiru Ummah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah santri kelas VII berjumlah 30 orang yang dibagi ke dalam dua kelas, 15 orang dalam satu kelas eksperimen dan 15 orang dalam satu kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas belajar digunakan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar siswa, dan tes tertulis dalam bentuk butir soal pilihan ganda digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data aktivitas belajar menggunakan rumus Weight Means Score dan analisis data hasil belajar dilakukan dengan Uji “ttest”. Perolehan hasil rata-rata angka penafsiran yaitu sebesar 3,30 dengan interval kriteria angka penafsiran 3,25-4,00. Rata-rata angka penafsiran ini berarti termasuk ke dalam kriteria “Sangat Aktif” maka Ha1 diterima. Uji prasyarat terbukti berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan uji ttest diperoleh bahwa thitung bernilai 2,265 dan ttabel bernilai 2,048, sehingga dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel maka Ha2 diterima. Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan terdapat pengaruh model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap aktivitas belajar biologi pada santri kelas VII Pondok Pesantren Khoiru Ummah dan terdapat pengaruh model pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap hasil belajar biologi pada santri kelas VII Pondok Pesantren Khoiru Ummah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:31
Last Modified: 19 Aug 2022 07:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15333

Actions (login required)

View Item View Item