Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tito (Time Token) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Rizka, Widya (2021) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tito (Time Token) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
_SKRIPSI WIDYA RIZKA (0306173213)_.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token pada mata pelajaran bahasa Indonesia, (2) untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa dengan menggunanakan model pembelajaran kooperatif tipe time token pada mata pelajaran bahasa Indonesia, dan (3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe time token pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitiatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe tito (time token) terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III-A SDN 25 Bilah Hilir terdapat tiga tahap dalam penerapan model pembelajaran kooperaif tipe time token yaitu: a) tahap persiapan, b) tahap penyajian dan c) tahap tindak lanjut. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, khususnya pada indikator kepercayaan diri dan kelancaran dan adapun faktor pendukung dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token yaitu: a) guru, b) peserta didik yang menguasai materi dan berani, c) buku paket yang digunakan dalam pembelajaran, d) kupon sebagai media utama dan juga media lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran, sedangkan faktor penghambat dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token yaitu: a) peserta didik yang masih memiliki rasa malu dan b) peserta didik yang kurang menguasai materi pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Tito (Time Token), Keterampilan berbicara, Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 19 Aug 2022 07:22
Last Modified: 19 Aug 2022 07:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15330

Actions (login required)

View Item View Item