Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di Pesantren Modern Nurul Hakim

Hasibuan, Turlan Romaito (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di Pesantren Modern Nurul Hakim. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP TURLAN ROMAITO HASIBUAN_0310163064.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI Di Pesantren Modern Nurul Hakim. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Pesantren Modern Nurul Hakim yang berjumlah 60 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yaitu menggunakan lembar angket aktivitas belajar siswa yang berisi 7 komponen indikator aktivitas belajar sedangkan untuk hasil belajar siswa yaitu menggunakan pretest dan posttest berupa pilihan berganda sebanyak 25 butir soal yang telah divalidkan oleh dosen ahli dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis. Hasil rekapitulasi penilaian aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol. Dengan nilai aktivitas belajar pada kelas eksperimen yaitu 61,9 % Cukup Aktif, 84% Aktif, 90% Sangat Aktif dan 98% Sangat Aktif. Sedangkan nilai aktivitas belajar pada kelas kontrol 35,1% Tidak Aktif, 42% Kurang Aktif, 58% Cukup Aktif dan 70% Aktif. Maka nilai persentase aktivitas siswa dikelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 83,7 % > 51,5 %. Sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil belajar rata-rata pada kelas eksperimen (XI IPA 1) dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) adalah sebesar 82 dan hasil belajar rata-rata pada kelas kontrol (XI IPA 2) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah sebesar 78. Berdasarkan hasil analisis nilai thitung > ttabel yaitu 3,06 > 2.002, yang artinya bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) di Kelas XI Pesantren Modern Nurul Hakim.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:58
Last Modified: 19 Aug 2022 04:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15320

Actions (login required)

View Item View Item