Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Siswa MIS Chairul Bariyyah Sei Semayang Sunggal

Wulandari, Ajeng Endah (2021) Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Siswa MIS Chairul Bariyyah Sei Semayang Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
TESIS AJENG 1 (2).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan yang berkaitan dengan penanaman akhlak di era revolusi industru 4.0. Permasalahan dalam dunia pendidikan yang menjadi sorotan adalah akhlak siswa. Banyaknya kasus kenakalan siswa, bullying, candu gadget, berbuat tidak sopan serta acuh tak acuh kepada orang lebih tua. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai akhlak menjadi salah satu cara dalam menanamkan akhlak pada siswa agar mereka dapat menjaga diri mereka dari perbuatan tercela. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana metode seorang guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak di era revolusi industryi 4.0 pada siswa MIS Chairul Bariyyah. 2) Bagaimana proses penerapan yang dilakukan guru dalam menanamkan nilainilai akhlak siswa MIS Chairul Bariyyah agar menjadi lebih baik di era revolusi industri 4.0. 3) Bagaimana hasil penanaman nilai-nilai akhlak di era revolusi industri 4.0 pada siswa MIS Chairul Bariyyah. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi dan wawancara peneliti digunakan untuk memperoleh data terkait strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak di era revolusi industri 4.0 pada siswa MIS Chairul Bariyyah Sei Semayang sunggal. Sedangkan metode dokumentasi digunakan peneliti untuk mengali data tentang profil madrasah, kegiatan yang ada di madrasah serta dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) metode yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa MIS Chairul Bariyyah Sei Semayang yaitu, dengan metode keteladan, metode pembiasaan, metode hiwar (percakapan), metode nasihat dan motivasi serta moodle dan Flipped Classroom (2 proses penerapan yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai-nilai akhlak siswa MIS Chairul Bariyyah agar menjadi lebih baik di era revolusi industri 4.0 yakni implementasi akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap keluarga, akhlak terhadap masyarakat dan akhlak terhadap lingkungan. (3) hasil penanaman nilai-nilai akhlak di era revolusi industri 4.0 pada siswa MIS Chairul Bariyyah untuk meningkatkan akhlak, kesadaran diri sendiri akan pentingnya akhlak dan pelaksanaan penanaman nilai-niali akhlak madrasah dan keluarga di dalam sekolah maupun rumah harus saling mendukung dan bekerja sama.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:12
Last Modified: 19 Aug 2022 04:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item