Peran Guru IPS dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lawe Sigala-gala Kab. Aceh Tenggara

Heldiana, Junika (2021) Peran Guru IPS dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Lawe Sigala-gala Kab. Aceh Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI JUNIKA HELDIANA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) motivasi belajar siswa kelas VIII, 2) cara guru IPS dalam memotivasi belajar siswa, 3) mengetahui faktor- faktor pendorong dalam memotivasi belajar siswa, dan 4) kendala-kendala guru IPS dalam memberikan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis naturalistik. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, dan siswa. Alat pengumpul data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah: 1) motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS dapat dikatakan masih kurang, hal ini dapat dilihat pada awal pembelajaran siswa masih banyak yang tidak serius dan belum memiliki kesiapan dalam mengikuti pembelajaran dikelas serta ketika guru menjelaskan didepan kelas siswa juga masih ada yang keluar masuk kelas tanpa izin dari guru. 2) cara guru IPS dalam memotivasi belajar siswa di SMP Negeri 5 lawe sigala-gala yaitu dengan memberi latihan serta menilai langsung hasil latihan siswa bagi yang dapat menyelesaikan soal latihan tersebut, mengajak siswa untuk mengikuti perlombaan seperti cerdas cermat, lomba sepuluh mata pelajaran, olimpiade. 3) faktor-faktor pendorong dalam memotivasi belajar siswa SMP Negeri 5 lawe sigala-gala a) faktor internal yaitu dari diri siswa sendiri, b) faktor eksternal yaitu dorongan dari keluarga, guru, masyarakat, teman-teman, dan c) faktor ekonomi. 4) kendala- kendala guru IPS dalam memberikan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 5 lawe sigala-gala: a) dari siswanya, seperti siswa yang nakal, b) kurangnya buku paket untuk guru dan siswa, c) kemampuan anak-anak yang berbeda-beda dalam menanggapi pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:05
Last Modified: 19 Aug 2022 04:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15285

Actions (login required)

View Item View Item