Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Mobilitas Sosial Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Mulia Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021

Rahmadani, Rani (2021) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Mobilitas Sosial Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Mulia Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1. SKRIPSI RANI RAHMADANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture di sekolah SMP Swasta Mulia Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan melalui 2 siklus terdiri empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMP Swasta Mulia Kota Rantang yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan Hasil yang diperoleh menunjukkan sebelum diberikan tindakan menunjukkan presentase 19,23% (5 siswa). Sesudah diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture dalam pembelajaran IPS diperoleh ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan presentase 50% (13 siswa). Selanjutnya guna meningkatkan hasil belajar maka dilakukan perbaikan pada siklus I mulai ada peningkatan namun hasil belajar belum sesuai yang diharapkan, maka perlu dilanjutkan siklus ke II diperoleh presentase 84,61% (22 siswa). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan model pemebelajaran cooperative learning tipe picture and picture dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Swasta Mulia Kota Rantang Kecamatan Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Learing Tipe Picture And Picture, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:57
Last Modified: 18 Aug 2022 08:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15271

Actions (login required)

View Item View Item