Konsep Al Habib Umar Bin Hafizh Tentang Pendidikan Anak Dalam Kitab Is’afu Tholibi Ridhol Khollaq Bibayani Makarimil Akhlaq

Rahmatia, Rahmatia (2021) Konsep Al Habib Umar Bin Hafizh Tentang Pendidikan Anak Dalam Kitab Is’afu Tholibi Ridhol Khollaq Bibayani Makarimil Akhlaq. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI RAHMATIA ASLI Update.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui Konsep Al Habib Umar Bin Hafizh Tentang Pendidikan Anak Dalam Kitab Is’afu Tholibi Ridhoh Khollaq Bibayani Makarimil Akhlaq. 2) Untuk mengetahui langkah-langkah orang tua dalam mendidik anak dalam kitab Is’afu Tholibi Ridhoh Khollaq Bibayani Makarimil Akhlaq. Desain dan pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi. Adapun Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep pendidikan anak dalam kitab Is’afu Tholibi Ridhol Khollaq Bibayani Makarimil Akhlak karya Al- Habib Umar Bin Hafidz ini dijelaskan dengan cara bertahap mulai dari mempersiapkan dan menyambut kelahiran anak,Usia tujuh tahun pertama dan kedua dan terakhir usia tujuh tahun ketiga, pendidikan yang mendasar hingga anak dewasa. 2) Cara dalam mendidik anak menurut Habib Umar Bin Hafidz adalah dengan memperhatikan sahabat teman duduk anak, kemudian mendo’akan anak, menanamkan keyakinan pada anak, memberikan ruang gerak untuk berfikir kepada anak, Jauhkan anak-anak itu dari gambaran-gambaran yang menunjukkan kemalasan dan biasakan dia untuk rajin dan bersemangat diwaktu yang sesuai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Anak, dan Is’afu Tholibi Ridhol Khollaq Bibayani Makarimil Akhlaq
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:30
Last Modified: 18 Aug 2022 08:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15264

Actions (login required)

View Item View Item