Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS MIS Ubudiyah Medan Perjuangan T.A 2020/2021

Viona, Nia (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS MIS Ubudiyah Medan Perjuangan T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Bismillah Final Skripsi Nia Viona PGMI 2 Stambuk 2016-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas IV MIS Ubudiyah pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV MIS Ubudiyah. 3) Untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV MIS Ubudiyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV MIS Ubudiyah Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 42 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 21 siswa di kelas IVA dan 21 siswa di kelas IVB dengan menggunakan tes berbentuk pilihan berganda. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre test sebesar 42,38 dan rata-rata post test sebesar 85,71. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata pre test sebesar 36,19 dan rata-rata post test sebesar 61,90. Dari hasil analisis tes akhir kelas eksperimen diperoleh L-hitung L-tabel yakni 0,142 0,157, dan analisis tes akhir kelas kontrol diperoleh L-hitung L-tabel yakni 0,076 0,157. Sehingga data tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi Normal dan dari uji homogenitas bersifat homogen dimana Fhitung Ftabel yaitu Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas untuk data nilai pre-test pada kelas kontrol yaitu kelas yang diajar dengan model konvensional pada hasil belajar IPS siswa diperoleh nilai Lhitung sebesar 0,161 dan nilai Ltabel sebesar 0,193. Karena Lhitung < Ltabel = 0,161 < 0,193. Hasil perhitungan uji normalitas pada (Lampiran 24) untuk data nilai post-test pada kelas kontrol yaitu kelas yang diajar dengan model konvensional pada hasil belajar IPS siswa diperoleh nilai Lhitung sebesar 0,171 dan nilai Ltabel sebesar 0,193. Karena Lhitung < Ltabel = 0,171 < 0,193.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:52
Last Modified: 18 Aug 2022 07:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15257

Actions (login required)

View Item View Item