Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV MIS Istiqomah Islamic Fullday School Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang

Hsb, Aisyah Amini (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas IV MIS Istiqomah Islamic Fullday School Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI AISYAH AMINI HSB PGMI STAMBUK 2017 FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik Kelas IV MIS Istiqomah Islamic Fullday School Sri Gunting Sunggal. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Metodelogi penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperiment (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa/i kelas IV MIS Istiqomah Islamic Fullday School Sri Gunting Sunggal dan sampel yang dipilih dalam penilitian ini adalah kelas IVA (kelas kontrol dengan model konvensional) dan kelas IVB (kelas eksperimen dengan model discovery learning. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan model discovery learning IVA lebih tinggi dari hasil kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang menggunakan model konvensional IVB. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di kelas eksperimen dengan model discovery learning diperoleh rata-rata sebesar 74,37, sedangkan pada kelas kontrol setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model konvensional diperoleh nilai rata-rata 73. Berdasarkan pengujian hipotesis pada kelas eksperimen IVA dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,5476 > 2,021 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan diterimanya Ha dan Ho maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik Kelas IV MIS Istiqomah Islamic Fullday School Sri Gunting Sunggal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 05:27
Last Modified: 18 Aug 2022 05:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15249

Actions (login required)

View Item View Item