Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Sumbul

Matanari, Indah Morizkinta (2021) Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 2 Sumbul. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
skripsi indah morizkintaa-1-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana strategi guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada masa Pandemi Covid-19 di SMP N 2 Sumbul (2) Apa saja yang menjadi penghambat strategi guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar pada masa Pandemi Covid-19 di SMP N 2 Sumbul. Adapun metode penelitian yang digunakan dilihat dari jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data- data tertulis lisan dari orang atau pelaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara keseluruhan tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa, antara lain: (1) adanya strategi guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 sudah cukup baik dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Namun, masih ada sebagian siswa yang sulit memahami materi karena penyampaiannya tidak secara tatap muka, atau dengan cara daring, (2) adanya hambatan yang dihadapi guru IPS dalam meningkatkan prestasi belajar pada masa pandemi covid-19 seperti kondisi jaringan internet yang belum maksimal, anak didik masih ada yang belum memiliki handphone sebagai alat dalam pembelajaran online. Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa dengan meningkatkan strategi guru IPS dan kreativitas guru serta kerjasama pihak sekolah dan orangtua dalam memenuhi kebutuhan siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya pada masa pandemi covid-19.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru IPS, Prestasi belajar Siswa dan Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 05:17
Last Modified: 18 Aug 2022 05:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15247

Actions (login required)

View Item View Item