Nasution, Muhammad Chodry (2021) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Metode Blended Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Al Razi Sinar Harapan Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
SKRIPSI BKPI M. CHODRY NST.pdf Download (2MB) |
Abstract
Motivasi belajar merupakan suatu daya penggerak baik dalam diri maupun dari luar siswa yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan metode blended learning pada masa pandemi Covid-19 di SMP Al Razi Sinar Harapan Medan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain penelitiannya adalah pre-experimental design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 150 siswa dan sampelnya adalah 14 siswa yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrument yang digunakan adalah angket dan analisis data menggunakan uji T jenis Paired Sample T-Test. Hasil perhitungan dari uji paired sample t-test pre-test dan post-test kelompok eksperimen ditemukan Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05, jadi dapat diartikan Ha diterima dan Ho ditolak, maka layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode blended learning berpengaruh dalam motivasi belajar siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Metode Blended Learning |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 04:16 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 04:16 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15233 |
Actions (login required)
View Item |