Peran Guru IPS Dalam Membentuk Sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu

Rambe, Raja Muhammad Yunus (2021) Peran Guru IPS Dalam Membentuk Sikap Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI RAJA MUHAMMAD YUNUS (39154052).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui sikapdisiplin siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu, (2) mengetahui sikap tanggung jawab sisiwa kelas VIII SMP negeri 2 Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu, (3) mengetahui peran guru IPS dalam membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas VIII SMP negeri 2 Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu, (4) mengetahui faktor penghambat yang dihadapi guru IPS dalam membentuk sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Hasil peneliti menunjukkan bahwa: (1) Beberapa sikap disiplin siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu: (a) displin dalam berpakain. siswa kelas VIII SMP negeri 2 Bilah Hilir sudah mengikuti aturan berpakaian sesuai dengan aturan yang berlaku di sekolah. (b) displin dalam belajar. dapat di simpulkan bahwa masi ada siswa yang terlambat ke sekolah, tidak mengerjakan tugas. Namun sudah ada suatu tindakan yang dilakukan oleh guru IPS dalam menangani permasalahan tersebut, seperti menasehati siswa yang masih melanggar aturan tersebut. (2) Sikap tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu adalah sebagai berikut: dalam keseharian masi ada siswa yang kurang bertanggung jawab seperti masi ada siswa yang membuang sampah sembarangan, tidur ketika dalam belajar, ribut waktu belajar, namun saya terus memberikan penjelasan kepada siswa tentang pentingnya sikap tanggung jawab pada diri mereka masing-masing dan saya juga memberikan sanki apabila ada siswa ada yang melakukan kesalahan secara terus menerus, (3) Peran guru IPS dalam meningkatkan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bilah Hilir kabupaten Labuhanbatu adalah sebagai berikut: guru menjadi pembimbing bagi siswanya, atau dapat meberikan bantuan terhadap siswanya ketika siswanya mengalami kesusahan, dan guru sebagai otoritas yang mana guru dapat memberikan arahan yang baik terhadap siswanya, (4) Faktor penghambat yang mempengaruhi sikap displin dan tanggung jawab siswa antara lain faktor lingkungan, faktor keluarga Dan faktor teman.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, guru ips, sikap disiplin dan tanggung jawab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:50
Last Modified: 18 Aug 2022 03:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15227

Actions (login required)

View Item View Item