Mardiyah, Hesti Khairati (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SD Negeri Pinang Awan Desa Aek Batu Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
NGURUS IJAZAH, REVISI DAN TTD PENGESAHAN SKRIPSI HESTI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri 1804 Pinang Awan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan berjumlah 45 orang. Populasi yang juga merupakan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen IV B yang berjumlah 25 orang dan kelas kontrol IV A yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media visual berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri 1804 Pinang Awan. Hal ini dibuktikan dari perolehan skor tes dengan analisis regresi. Dimana analisis regresi pada nilai tes sebesar 0,00 sehingga diperoleh hasil sig. < 0,05 yang menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak; (2) Besar pengaruh media visual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri 1804 Pinang Awan dapat diketahui dari model summary analisis regresi yakni dengan melihat nilai R square. Adapun besar pengaruh penggunaan media visual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas IV SD Negeri 1804 Pinang Awan adalah sebesar 68,5 %.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Visual, Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 08:58 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 08:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15217 |
Actions (login required)
View Item |