Analisis Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas V SD Negeri 050591 Padang Cermin

Br Sitepu, Nur Ameita Perbina (2021) Analisis Peran Guru Kelas Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas V SD Negeri 050591 Padang Cermin. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Nur Ameita P. Br Sitepu-Skripsi St. 2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk-bentuk perilaku menyimpang siswa kelas V SD Negeri 050591 Padang Cermin (2) Faktor-faktor penyebab perilaku menyimpang siswa kelas V SD Negeri 050591 Padang Cermin (3) Peran guru dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa kelas V SD Negeri 050591 Padang Cermin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif yang mengarah pada prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yang berarti memperhatikan semua aspek penting dari suatu kasus untuk diteliti. Dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu observasi semi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diambil kesimpulan bahwa: (1) Bentuk-bentuk perilaku menyimpang siswa kelas V SD Negeri 050591 Padang Cermin, yaitu: a) berpakaian yang tidak rapi, b) tidak berhadir ke sekolah atau datang terlambat, c) mengganggu temannya, d) berkata kasar, dan e) tidak pangkas rambut. (2) Faktor-faktor penyebab perilaku menyimpang siswa kelas V SD Negeri 050591 Padang Cermin, yaitu: : a) faktor internal, masalah yang timbul dari dalam diri individu siswa itu sendiri, serta b) faktor eksternal, masalah yang timbul dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan teman bermain. (3) Cara guru dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa kelas V SD Negeri 050591 Padang Cermin, yaitu: a) menjalin kerja sama antara guru dan orang tua siswa, b) menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, c) pendekatan personal kepada siswa, d) memberikan sanksi yang mendidik, e) memberi teguran dan peringatan kepada siswa, dan f) memberi nasihat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Menyimpang Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:55
Last Modified: 16 Aug 2022 08:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15215

Actions (login required)

View Item View Item