Palihah, Ainun (2021) Efektivitas Strategi Pembelajaran Inquiry dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Gaya Kognitif Field Independent Siswa pada Pokok Bahasan Induksi Matematika di Kelas XI MAN 3 Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
Ainun Palihah (Skripsi 2021).pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan gaya kognitif field independent siswa pada pokok bahasan induksi matematika di kelas XI MAN 3 Mandailing Natal tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 3 Mandailing Natal, sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI MIA 1 dengan jumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen 1 dan kelas XI MIA 2 dengan jumlah 20 siswa untuk kelas eksperimen 2. Analisis data dilakukan dengan uji independent samples t-test. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat efektivitas penggunaan strategi pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai sig (2-tailaed) atau P-value sebesar 0,008. 2) Terdapat efektivitas penggunaan strategi pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap gaya kognitif field independent siswa dengan nilai sig (2-tailaed) atau P-value sebesar 0,021. 3) Terdapat efektivitas penggunaan strategi pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan gaya kognitif field independent siswa dengan nilai sig (2-tailaed) atau P-value sebesar 0,007. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat efektivitas strategi pembelajaran inquiry dan discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan gaya kognitif field independent siswa pada pokok bahasan induksi matematika di Kelas XI MAN 3 Mandailing Natal.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Inquiry, Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif Field Independent Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 08:09 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 08:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15200 |
Actions (login required)
View Item |