Model Pembelajaran Online (Dalam Jaringan) Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas X MAs. YASPI Labuhan Deli

Anwar, Wan Tasya Luthfiah (2021) Model Pembelajaran Online (Dalam Jaringan) Pada Mata Pelajaran Fikih Di Kelas X MAs. YASPI Labuhan Deli. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI WAN TASYA LUTHFIAH ANWAR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apa model pembelajaran dengan menggunakan online (dalam jaringan) pada mata pelajaran fikih di kelas X MAS YASPI Labuhan Deli. (2) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran online (dalam jaringan) tersebut pada mata pelajaran fikih di kelas X MAS YASPI Labuhan Deli. (3)Untuk mengetahui mengapa model pembelajaran online (dalam jaringan) yang demikian yang dilakukan oleh MAS YASPI Labuhan Deli pada mata pelajaran fikih di kelas X. Jenis..penelitian yang digunakan..adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Dan pemerikasaan dan pengecekan keabsahan data berdasarkan empat kriteria yang digunakan yaitu perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan, trianggulasi, dan analisi kausu negatif. Teknik..analisis data menggunakan..reduksi data, penyajian data dan vertifikasi/penarikan..kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran fikih di kelas X MAS YASPI Labuhan Deli menggunakan bantuan aplikasi WhatsApp Group. Untuk penggunaan dalam proses pembelajarannya ialah WhatsApp Group ini menjadi tali penghubung antara siswa dan guru dalam berkomunikasi. Untuk penggunaan dalam proses pembelajarnnya ialah materi pembelajaran guru membuat power point pada setiap materi dan di bagikan ke whatsApp Group. Untuk tugas guru memberikan link google form untuk siswa menjawab dan jika sudah selesai maka di kirimkan ke guru melalui japri. Untuk daftar kehadiran guru memberikan link google chorm ke whatsApp group. Alasan guru kelas X pada mata pelajaran fikih di MAS YASPI Labuhan Deli menggunakan aplikasi WhatsApp Group ialah karena mengikuti gaya kehidupan siswa dan faktor ekonomi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Online, Fikih, MAs YASPI Labuhan Deli
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:54
Last Modified: 16 Aug 2022 07:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15195

Actions (login required)

View Item View Item