Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Make A Match Berbantuan Autoplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pesantren Modern Ta’dib Al-Syakirin

Dalimunthe, Sri Wahyuni (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Make A Match Berbantuan Autoplay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pesantren Modern Ta’dib Al-Syakirin. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI SRI WAHYUNI DALIMUNTHE.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Materi ajar yang disajikan peneliti adalah sistem persamaan linear tiga variabel untuk kelas X siswa Pesantren Modern Ta‟dib Al-Syakirin Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi yang digunakan untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, angket respon siswa, angket respon guru, dan tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yakni RPP dengan skor kevalidan 3,73, LKPD yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan skor 3,82 dan 3,67, serta media pembelajaran yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan skor 3,93 dan 3,67. Respon guru dan siswa dengan persentase 82% dan 87,5% dengan kategori praktis. Selanjutnya, media pembelajaran yang dikembangkan dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan kategori interpretasi indeks Gain ternormalisasi tergolong sedang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Autoplay, 4D
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:03
Last Modified: 16 Aug 2022 07:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15187

Actions (login required)

View Item View Item