Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Membaca dan Menulis Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas Rendah di SD Negeri 09 Aek Goti Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Siregar, Sarmaini (2021) Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Membaca dan Menulis Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas Rendah di SD Negeri 09 Aek Goti Kecamatan Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SARMAINI SIREGAR FULL-3 (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang analisis keterampilan siswa dalam membaca dan menulis dasar di kelas rendah SD Negeri 09 Aek Goti ini memiliki tujuan: untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan membaca dan menulis pada masa Pandemi Covid-19 Kelas Rendah di SD Negeri 09 Aek Goti, keterampilan Membaca dan Menulis pada masa Pandemi Covid-19 Kelas rendah di SD Negeri 09 Aek Goti dan untuk mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan Membaca dan Menulis pada masa Pandemi Covid9 kelas Rendah di SD Negeri 09 Aek Goti? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif Data penelitian ini adalah hasil wawancara dengan informan. Data bersumber dari guru dan siswa kelas Rendah di SD Negeri 09 Aek Goti. Data dianalisis dengan menggunakan teknik yang dinyatakan dengan Mules dan Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan atau verifikasi. Data penelitian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Temuan penelitian ini menunjukkan: 1) pelaksanaan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Membaca dan Menulis kelas rendah dengan Menerapkan gerakan literasi (baca mandiri selama 15 menit sebelum dimulainya proses pembelajaran). 2) Keterampilan siswa dalam belajar membaca dasar yaitu siswa yang membaca dengan tidak lancar, membaca terbata-bata, pemenggalan kata yang tidak tepat, pengucapan tidak benar, dan membaca cepat tetapi banyak salah, 3) Keterampilan siswa dalam belajar menulis Dasar ialah siswa lambat dalam mengumpulkan tugas, tulisan yang tidak bisa dibaca atau terlalu jelek, banyak siswa yang menghilangkan atau menambahkan huruf dalam kata, dan menulis dengan huruf besar dan kecil secara tidak beraturan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Kualitatif, Keterampilan Membaca, Menulis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:37
Last Modified: 16 Aug 2022 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15153

Actions (login required)

View Item View Item