Peningkatan Kualitas Citra Dengan Metode Filter Gaussian, Mean dan Median Untuk Mereduksi Noise Pada Citra Ultrasonography

Nasution, Ilham Fuadi (2021) Peningkatan Kualitas Citra Dengan Metode Filter Gaussian, Mean dan Median Untuk Mereduksi Noise Pada Citra Ultrasonography. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi_Ilham_Fuadi_Nasution_Ilkomp1_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Citra USG diambil dengan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi sehingga menghasilkan citra dengan bintik gelap dan terang yang menyebar pada objek. Dalam hal ini citra yang dihasilkan tampak buram dan adanya bintik-bintik yang akan menyebabkan berkurangnya informasi pada citra tersebut. Sebuah citra yang mengalami penurunan kualitas karena adanya noise. Noise dapat disebabkan oleh gangguan fisik pada alat akusisi maupun secara disengaja akibat proses pengolahan yang tidak sesuai. Berdasarkan masalah tersebut dibutuhkanya sebuah sistem yang dapat memperbaiki citra USG dengan cara meminalisir noise yang ada. Akan tetapi banyak metode yang telah tercipta untuk melakukan perbaikan citra dengan cara menghilangkan noise, sehingga membingungkan seseorang untuk menggunakan metode yang mana. Oleh sebab itu pada penelitian ini dilakukan perbandingan beberapa metode seperti Gaussian filter, Mean dan Median dalam menghilangkan noise pada citra USG agar dapat diketahui metode mana yang lebih baik. Perbandingan tiga metode didasari oleh nilai PSNR dan MSE. Dari hasil penelitian yang telah diterapkan, metode Median filter lebih unggul dalam meminalisir noise pada citra USG dengan noise hingga 60% daripada metode Gaussian dan Mean.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra, USG, Noise, Gaussian, Mean, Median
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:33
Last Modified: 16 Aug 2022 04:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15151

Actions (login required)

View Item View Item