Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Reciprocal Teaching Pada Materi Matriks Kelas XI

Sara, Mayang Vita (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Reciprocal Teaching Pada Materi Matriks Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI Mayang Vita Sara.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peseta Didik (LKPD) berbasis Reciprocal Teaching pada materi matriks kelas XI yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan pengembnagan Research and Development (R&D) model 4-D, namun karena keterbatasan waktu dan biaya, penelitian ini hanya di tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini ialah siswa kelas XI SMA MUHAMMADIYAH 4 BABALAN yang berjumlah 30 siswa. Kualitas RPP berdasarkan penilaian dari dua validator menunjukkan kategori sangat valid dengan diperoleh indeks Aiken sebesar 0,901 dengan kategori tinggi atau sangat valid. Analisis nilai LKPD dari para validator diperoleh indeks sebesar 0,75 untuk ahli materi memiliki kategori sedang atau valid, nilai indeks dari ahli media sebesar 0,94 dengan kategori tinggi atau sangat valid, dan nilai indeks dari teman sejawat sebesar 0,85 dengan kategori tinggi atau sangat valid. Kalsifikasi angket guru dan hasil angket peserta didik memenuhi riteria baik dengan presentase 82,8% yang menunjukkan bahwa LKPD berbasis Reciprocal Teaching memiliki kualitas praktis. Kefektifan diperoleh hasil ketuntasan belajar siswa sicara klasikal setelah menggunakan LKPD sangat efektif sebesar 80% (siswa yang mendapatkan skor ≥ 75) dimana hasil belajar siswa mengalami peningkatan 44%, sehingga penggunaan LKPD berbasis Reciprocal Teaching sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Kemudian dilakukan uji t didapat nilai t-hitung = 7,57 dan nilai t- tabel = 2,045 yang berarti bahwa ada perbedaan signifikan pada data pretest dan posttest, selanjutnya dari tabel diatas setelah dilakukan perhitungan N-gain diperoleh rata-rata sebesar 0,56 dengan kategori sedang sehingga penggunaan LKPD berbasis reciprocal teaching efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Reciprocal Teaching, Matriks
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:54
Last Modified: 16 Aug 2022 02:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15130

Actions (login required)

View Item View Item