Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Devision (STAD) Dan Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMAS Islam Al-Ulum Terpadu Medan T.P 2019/2020

Harahap, Rahma Dayani (2019) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Devision (STAD) Dan Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMAS Islam Al-Ulum Terpadu Medan T.P 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Rahma Benar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)dan modelGroup Investigation (GI) pada materi Trigonometridi kelas X SMAS Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Islam Al Ulum Terpadu Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas. Dari 4 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas X MIA-1 sebanyak 25 siswa sebagai kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas X MIA-2 sebanyak 25 siswa sebagai kelas yang diajar dengan model GI. Alat pengumpulan data adalah Tes. Tes diujicobakan di kelas XI SMAS Budi Satria Medan untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Hasil pengujian validitas test diproleh dari50 soal dinyatakan 40 soal valid dan 10 soal dinyatakan tidak valid. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan reliabilitas soal didapat bahwa instrumen soal adalah reliabel atau memiliki tingkat kepercayaan sangat tinggi denganr11 = 0,886. Nilai rata-rata hasil test akhir kelas yang diajar dengan model STADsebesar 70,300 dan nilai rata-rata hasil test akhir kelas model GI sebesar 59,400. Dari hasil analisis datatest akhir kelas model STAD diperoleh L-hitung ≤ L-tabel yakni 0,099 ≤ 0,173 dan data test akhir kelas model GI diperoleh L-hitung ≤ L-tabel yakni 0,072 ≤ 0,173. Sehingga data test akhir kedua kelas eksperimen berdistribusi Normal. Dari uji homogenitas data test akhir kedua sampel bersifat homogen, dimana Fhitung <Ftabel yaitu 0,943<1,984. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 3,470> 1,708 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division (STAD), Group Investigation (GI)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 15 Aug 2022 08:06
Last Modified: 15 Aug 2022 08:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15111

Actions (login required)

View Item View Item