Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Trigonometri Kelas X MAS Amaliyah Sunggal

Floressa, Silvia (2019) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Problem Based Learning (PBL) Dan Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Trigonometri Kelas X MAS Amaliyah Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SILVIA FLORESSA_35153056.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Problem based learning dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student team achievement division di kelas X MAS Amaliyah Sunggal Tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAS Amaliyah Sunggal Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 4 kelas dan menjadi sampel penelitian adalah 2 kelas yang telah dipilih secara acak yaitu kelas X IPA 1 menjadi kelas eksperimen I menggunakan pembelajaran PBL dan kelas X IPA 3 menjadi kelas eksperimen II menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan masingmasing kelas berjumlah 35 orang siswa. Penelitian ini menggunakan dua jenis instrumen yaitu pretest dan postets yang telah divalidasi dalam bentuk soal uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Adapun simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Problem based learning dan pembelajaran kooperatif tipe Student team achievement division di kelas X MAS Amaliyah Sunggal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Pembelajaran Problem Based Learning, Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:52
Last Modified: 15 Aug 2022 07:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15108

Actions (login required)

View Item View Item