Urgensi Konseling Islami dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Sullama, Desrayanti (2021) Urgensi Konseling Islami dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Santri di Pondok Pesantren Nurul Falah Tanjung Marulak Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
TESIS DESRAYANTI SULLAMA REVISI SETELAH SIDANG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana (1) Penerapan tata tertib di Pondok Pesantren Nurul Falah, (2) Penangananpelanggaran tata tertib yang telah diterapkan di Pondok Pesantren Nurul Falah, (3) Kendala penangananpelanggaran tata tertib yang telah diterapkan di Pondok Pesantren Nurul Falah, serta (4) Urgensi konseling Islami dalam mengatasi pelanggaran tata tertib santri di Pondok Pesantren Nurul Falah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang mendeksripsikan pengalaman pribadi yang dirasakan sekelompok individu terhadap suatu fenomena yang dialaminya.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini (1) Penerapan tata tertib di Pondok Pesantren Nurul Falah sudah baik, tata tertib tersebut dijadikan sebagai acuan dalam menjalani program pesantren, dan akan diberikan penanganan bagi santri yang melanggarnya, (2) Pelanggaran tata tertib di Pondok Pesantren Nurul Falah ditangani oleh pengasuh pondok. Sebagai konselor pengasuhpondok menggunakan directive method atau pemberian nasehat secara langsung kepada konseling. Pengasuh pondok akan memberikan nasehat, arahan, serta bimbingan kepada santri yang melakukan pelanggaran,(3) Kendala yang dimiliki Pondok Pesantren Nurul Falah dalam menerapkan tata tertib terletak pada santri yang tetap saja melakukan pelanggaran walaupun sudah mendapatkan penanganan. (4) Bimbingan konseling di pesantren begitu urgen untuk mendidik remaja dalam masa peralihan anak-anak yang mengalami perubahan iasmani, kepribadian, intelek, dan peranannya pada lingkungan tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:43
Last Modified: 15 Aug 2022 07:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15106

Actions (login required)

View Item View Item