Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Swasta Muhammadiyah 01 Binjai

Nurhalizah, Siti (2021) Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Swasta Muhammadiyah 01 Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SITI NURHALIZAH.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan pembelajaran yang konvensional pada siswa kelas V SD Swasta Muhammadiyah 01 Binjai. 2) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Swasta Muhammadiyah 01 Binjai. 3) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Swasta Muhammadiyah 01 Binjai. Metodologi penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperiment (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa/i kelas V SD Muhammadiyah 01 Binjai, dan sampel yang dipilih dalam penilitian ini adalah kelas VA (kelas kontrol dengan model konvensional) dan kelas VB (kelas eksperimen dengan model Poe (predict-observe-explain)). Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPA siswa yang menggunakan Model Poe (Predict-Observe-Explain) (VB), lebih tinggi dari hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model konvensional(VA). Hasil belajar IPA di kelas eksperiment dengan model Poe (Predict-Observe-Explain) diperoleh rata-rata post-test yaitu 70.384, sedangkan kelas kontrol dengan model konvensional diperoleh rata-rata post-test yaitu 57.5. Berdasarkan pengujian hipotesis pada kelas eksperimen (VB) Dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung >ttabel yaitu 3,9663 > 2,008 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho. Maka dapat disimpulkan bahwa Model Poe (Predict-Observe-Explain) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Muhammadiyah 01 Binjai T.A 2020/2021

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dan Hasil Belajar Siswa Kelas V
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:48
Last Modified: 15 Aug 2022 07:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15105

Actions (login required)

View Item View Item