Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas V iMISaNURULcFIKRI

Sibagariang, Murdiana (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas V iMISaNURULcFIKRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Murdiana Sibagariang NIM. 0306171076.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas V MIS Nurul Fikri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Nurul Fikri Tahun Pelajaran 2021/2022, yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas V dengan 13 siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model CIRC dan 13 siswa untuk kelas kontrol yang diajar secara diskusi. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran IPS dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji test “t”. Hasil temuan menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre-test sebesar 28,15 dan rata-rata post-test sebesar 86,85. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest 26,62 dan rata-rata post-test 69,62. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen diperoleh nilai

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS, Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:08
Last Modified: 15 Aug 2022 06:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15104

Actions (login required)

View Item View Item