Pengaruh Permainan Multiplay Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDIT DOD Medan

Ritonga, Nia Ardhiani (2021) Pengaruh Permainan Multiplay Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDIT DOD Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Nia Ardhiani Ritonga skripsi sudahturnitin.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Nia Ardhiani Ritonga skripsi sudahturnitin.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran yang konvensional pada siswa kelas IV SDIT DOD Medan 2) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran Multiplay Cards Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDIT DOD Medan. 3) apakah terdapat pengaruh media pembelajaran Multiplay Cards Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDIT DOD Medan. Metodelogi penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperiment (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa/i kelas IV SDIT DOD Medan, dan sampel yang dipilih dalam penilitian ini adalah kelas IV Sa’ad Bin Abi Waqash (B) (kelas kontrol dengan media konvensional) dan kelas IV Abdurrahman Bin ‘Auf (A) (kelas eksperimen dengan media pembelajaran Multiplay Cards Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan Media permainan Multiplay Cards (VA), lebih tinggi dari hasil belajar Matematika siswa yang menggunakan media konvensional (VB). Hasil belajar Matematika di kelas eksperiment dengan media permainan Multiplay Cards diperoleh rata-rata post-test yaitu 79,0591 sedangkan kelas kontrol dengan model konvensional diperoleh rata-rata post-test yaitu 65,7273. Berdasarkan pengujian hipotesis pada kelas eksperimen (VA) Dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung >ttabel yaitu 4,3623 > 2,018 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya Ho. Maka dapat disimpulkan bahwa Media Permainan Multiplay Cards berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SDIT DOD Medan T.A 2020/2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Multiplay Cards dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 15 Aug 2022 05:10
Last Modified: 15 Aug 2022 05:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15100

Actions (login required)

View Item View Item