Ibrahim, Ibrahim (2011) Hubungan Pembelajaran Bidang Studi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah Kota Medan. Masters thesis, Pascasarjana IAIN Sumatera Utara.
|
Text
cover.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV & V.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (35kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan akhlak siswa SMA Muhammadiyah di Kota Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII dari empat SMA Muhammadiyah di kota Medan pada TP. 2010/2011 sebanyak 199 orang. Kelas tersebut yang dijadikan subyek penelitian didasarkan pada alasan bahwa siswa tersebut telah mengikuti kegiatan belajar mengajar selama dua tahun. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Krejcie Morgan, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 133 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini kuesioner tertutup berbentuk skala likert. Angket disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan kepada pembimbing tesis, selanjutnya diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian. Setelah dilakukan uji coba instrumen, diketahui instrumen yang valid dan reliabel untuk variabel x1 terdiri dari 24 item, X2 sebanyak 28 item, dan Y sebanyak 28 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk mendiskripsikan data dan statistik inferensial untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan pengujian persyaratan analisis data variabel pembelajaran bidang studi Al Islam, variabel Kemuhammadiyahan dan variabel akhlak siswa SMA Muhammadiyah Kota Medan, diketahui bahwa seluruh seluruh variabel berdistribusi normal sehingga dapat dilakukan pengujian linieritas. Dari pengujian linieritas, diketahui regresi antara variabel pembelajaran Al Islam dengan akhlak siswa SMA Muhammadiyah dan variabel pembelajaran Kemuhammadiyahan dengan akhlak siswa SMA Muhammadiyah juga linier pada tarap signifikansi α = 0,05. Temuan penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pembelajaran Bidang Studi Al- Islam dengan Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah Kota Medan. Artinya semakin tinggi dan positif Pembelajaran Bidang Studi Al- Islam maka semakin tinggi dan positif pula Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah Kota Medan dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 13,20% (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pembelajaran Bidang Studi Kemuhammadiyahan dengan Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah Kota Medan. Artinya semakin tinggi dan positif Pembelajaran Bidang Studi Kemuhammadiyahan maka semakin tinggi dan positif pula Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah Kota Medan dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 10,50% (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara Pembelajaran Bidang Studi Al- Islam dan Pembelajaran Bidang Studi Kemuhammadiyahan dengan Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah Kota Medan. Artinya semakin tinggi dan positif Pembelajaran Bidang Studi Al- Islam dan Kemuhammadiyahan, maka semakin tinggi dan positif pula Akhlak Siswa SMA Muhammadiyah Kota Medan dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 17,10%.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Hildayati Raudah |
Date Deposited: | 05 Feb 2016 07:33 |
Last Modified: | 05 Feb 2016 07:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/151 |
Actions (login required)
View Item |