Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI MAN 1 Tapanuli Tengah

Nasution, Faizah Wirta Putri (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI MAN 1 Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Faizah Wirta Putri Nasution_Tugas Akhir Skripsi PDF _0310172072.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA di MAN 1 Tapanuli Tengah pada materi sel. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data yang digunakan berupa kalibrasi instrumen, pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil uji hipotesis Mann Whitney pada SPSS versi 26 diperoleh nilai probalilitas (Asymp. Sig.) 0,116 < 0,05, Ho diterima, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tiap-tiap aspek kemampuan berpikir kreatif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil yang diperoleh berdasarkan kelemahan model pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan presentase kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen diperoleh 60% dan kelas kontrol 50% dengan kriteria kemampuan berpikir kreatif sedang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kreatif (KBK)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 15 Aug 2022 03:18
Last Modified: 15 Aug 2022 03:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15076

Actions (login required)

View Item View Item