Implementasi Metode Bernyanyi dalam Penanaman Nilai-nilai Agama Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak (TK) Islam Al Ikhlas Taqwa Jalan Medan Area Selatan Kecamatan Medan Area Kota Medan

Nurzainab, Nurzainab (2021) Implementasi Metode Bernyanyi dalam Penanaman Nilai-nilai Agama Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak (TK) Islam Al Ikhlas Taqwa Jalan Medan Area Selatan Kecamatan Medan Area Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Nurzainab (skripsi lengkap).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penerapan Metode Bernyanyi dalam Penananman Nilai-nilai Agama Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 2) Alasan Guru Mengimplementasi Metode Bernyanyi dalam Penananman Nilai-nilai Agama Pada Anak Usia 5-6 Tahun. 3) Hasil Implementasi Metode Bernyanyi dalam Penananman Nilai-nilai Agama Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian field research dan menggunakan pendekatan kualitatif dari data yang dihasilkan melaui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Al Ikhlas Taqwa Jalan Medan Area Selatan dengan jumlah anak 12 orang dan subyek penelitian 4 orang anak. Hasil penelitian ini menggungkapkan tiga temuan yaitu: 1) Penerapan metode bernyanyi dalam penanaman nilai-nilai agama pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Ikhlas Taqwa: a) menggunakan lagu-lagu yang berkaitan dengan nilai aqidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. b) biasanya dilakukan setiap hari untuk lagu-lagu pembiasaan seperti mengenalkan ciptaan tuhan, terkadang kegiatan bernyanyi dilakukan seharian, sekali-kali, diawal pembelajaran dan diakhir pembelajaran. c) Penerapan metode bernyanyi biasanya dilakukan oleh guru kelas itu sendiri dan diikuti oleh anak-anak didik. d) Kegiatan bernyanyi biasanya dilakukan di dalam kelas dan sesekali dilakukan di luar kelas ketika kegiatan pembukaan saat anak sedang baris-berbaris sebelum masuk kelas. 2) Alasan guru menerapkan metode bernyanyi dalam penanaman nilai-nilai agama pada anak adalah a) metode bernyanyi merupakan salah satu metode yang paling disenangi dan disukai oleh anak-anak b) penggunaan metode bernyanyi sangat mudah diterapkan c) melalui metode bernyanyi anak-anak lebih mudah memahami, mengerti, merespos serta menangkap pembelajaran yang disampaikan oleh guru. 3) Hasil implementasi metode bernyanyi dalam penanaman nilai-nilai agama pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Ikhlas Taqwa diperoleh data bahwa nilai rata-rata semua anak adalah 3,32 yang berarti implementasi metode bernyanyi dalam penanaman nilai-nilai agama tersebut berada pada skala 3 yang berarti memuaskan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi metode bernyanyi dalam penanaman nilai-nilai agama cukup efektif diterapkan hal ini ditandai dengan hasil observasi pada anak didik serta dari sikap anak-anak ketika mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Penanaman Nilai-nilai Agama
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 12 Aug 2022 06:55
Last Modified: 12 Aug 2022 06:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15054

Actions (login required)

View Item View Item