Analisis Penilaian Hasil Belajar IPS Di Masa Pandemi Covid 19 SMP N 1 Air Batu

Sari, Rika Kumaya (2022) Analisis Penilaian Hasil Belajar IPS Di Masa Pandemi Covid 19 SMP N 1 Air Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
RIKA KUMAYA SARI SELESAI FIX 2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Air Batu Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif analisis. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui penilaian guru IPS terhadap hasil belajar IPS di masa pandemi Covid 19 di SMP N 1 Air Batu ditinjau dari ranah kognitif,ranah afektif dan ranah psikomotorik, (2) Mengetahui kesulitan guru IPS dalam menilai hasil belajar IPS di masa pandemi Covid 19 SMP Negeri 1 Air Batu, (3) Mengetahui cara guru IPS dalam mengatasi kesulitan dalam melakukan penilaian hasil belajar IPS di masa pandemi Covid 19 SMP Negeri 1 Air Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penilaian yang dilakukan guru IPS di masa pandemi Covid 19 SMP N 1 Air Batu : (a) aspek kognitif, penilaian melalui tes yaitu tes lisan, tertulis dan penugasan. (b) aspek afektif,apreasi, keaktifan serta segala sikap baik positif yang diberikan oleh peserta didikpada saat pembelajaran luring, dan pada pembelajaran daring tidak dapat memberikan penilaian (c) aspek psikomotorik, pada pembelajaran luring guru IPS memberikan tugas kelompok yang kemudian akan dipersentasikandi teman yang lain dan guru IPS sebagai moderator dan akan memberikan penilaian nya langsung, sedangkan pembelajaran daring, guru IP memberikan tuga shapalan sesuai materi yang akan dipersentasikan melalui video dan hasil video nya dikirim secara pribadi kepada guru IPS melalui whattsap. (2) Kesulitan guru IPS dalam memberikan penilaian hasil belajar IPS di masa pandemi Covid 19 SMP Negeri 1 Air Batu sebagai berikut : (a) Tidak mengenal peserta didik nya. (b) Keterbatasan Waktu. (c) Ketidakhadiran siswa . (3) Cara guru IPS dalam mengatasi kesulitan dalam melakukan penilaian hasil belajar IPS di masa pandemi Covid 19 SMP Negeri 1 Air Batu antara lain : (a) Pada saat pembelajaran daring yang menggunakan group whattsap, disinilah guru dapat memberikan penilaian hasil belajar tetapi hanya pada ranah kognitif saja. (b) Dengan adanya kebijakan luring(luar jaringan). Untuk pembelajaran ini guru dan peserta didik akan bertemu dan bertatap muka langsung. Hal inilah yang membuat guru IPS akan dapat memberikan penilaian hasil belajar pada ranah yang belum bisa diberikan pada saat pembelajaran daring yaitu ranah afektif dan psikomotorik. Disini guru akan banyak berusaha mengambill kesempatan untuk berinteraksi dengan peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian hasil belajar IPS, Covid 19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 12 Aug 2022 05:03
Last Modified: 12 Aug 2022 05:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15044

Actions (login required)

View Item View Item