Nasution, Bella Novita (2021) Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Solidaritas Antar Siswa Kelas VII MTs. Nahdlatul Ulama Desa Tanjung Mulia Kecamatan Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
BELLA NOVITA NASUTION SKRIPSI selesai (3).pdf Download (3MB) |
|
Text
BELLA NOVITA NASUTION SKRIPSI selesai (3).pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana sikap solidaritas kelas VII di MTs. Nahdlatul Ulama Tanjung Mulia Kecamatan Tanjung Morawa.2). Mengetahui dan Mendeskripsikan Peran Guru IPS Dalam Meningkatkan Solidaritas Antar Siswa Kelas VII MTs. Nahdlatul Ulama Tanjung Mulia Kecamaan Tanjung Morawa. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di MTs. Nahdlatul Ulama Desa Tanjung Mulia Kecamaan Tanjung Morawa. Subjek penelitian ini adalah guru IPS dan Peserta didik di kelas VII. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1). Sikap solidaritas siswa kelas VII MTs. Nahdlatul Ulama Desa Tanjung Mulia Kecamatan Tanjung Morawa adalah sebagai berikut: dalam keseharian masih ada siswa yang kurang bersolidaritas dengan baik seperti masih ada siswa yang membuat kelompok pertemanan sendiri, adanya pembedaan didalam memilih kelompok belajar, Akan tetapi berdasarkan angket yang peneliti sebar solidaritas siswa sudah berjalan dengan baik seperti halnya partisipasi dikelas 22%,tolong menolong 22%, kerja sama 20%, toleransi 20% dan kesetiakawanan16%. Sikap kesetiakawanan yang kurang dimiliki oleh siswa karena kita lihat dari persenannya hanya 16% hal ini sesuai juga dengan hasl observasi yang peneliti lakukan, yaitu ada siswa yang hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri. 2). Peran guru IPS dalam meningkatkan sikap solidaritas siswa kelas VII MTs. Nahdlatul Ulama Desa Tanjung Mulia Kecamatan Tanjung Morawa adalah guru memberikan arahan-arahn dan motivasi yang baik kepada siswa agar siswa tau betapa pentingnya menajga sikap solidaritas antar sesama. Kemudian guru IPs juga berperan sebagai pendidik yang professional yang mencerminkan kepada siswa akhlak yang bak serta sikap sosial yang baik kepada peserta didiknya. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1). Sikap solidatitas siswa dikelas VII sudah berjalan dengan baik , ada siswa yang sudah mengerti tentang solidaritas ada juga siswa yang belum mengerti. Berdasarkan data angket yang disebar ke siswa menunjukan bahwa siswa lebih dominan ke sikap kerja sama 474%, tolong menolong 431%, serta siswa juga berdominan kesikap toleransi 389% dan partisipasi dikelas 363%. Namun sisikap kesetiakawanan siswa hanya 357% saja hal ini dikarenakan masih ada siswa yang memailih-milih teman dalam belajar. 2). Peran guru IPs dalam meningkatkan solidaritas siswa kelas VII, guru sudah banyak memberikan arahan-arahan serta motivasi kepada peserta didnya agar bisa bersikap yang lebih baik lagi antar sesama. Dan Guru juga berperan sebagai pendidik yang professional dan mencerminkan akhlak yang baik serta sikap sosial yang baik kepada peserta didiknya karena peserta didik akan meniru apapun yang dilakukan oleh gurunya dan menaati apa perintah gurunya maka dari itu guru harus berperan yang baik dan mencerminkan nilai-nilai sosial yang baik kepada anak didiknya. Kata kunci: peran, guru ips,sikap solidaritas.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Solidaritas Siswa, MTs. Nahdlatul Ulama Desa Tanjung Mulia Kecamatan Tanjung Morawa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 04:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 04:37 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15035 |
Actions (login required)
View Item |