Kontribusi penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas terhadap efektifitas mengajar guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri se Kota Padangsidimpuan

Mulkeis, Mulkeis (2012) Kontribusi penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas terhadap efektifitas mengajar guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri se Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Mulkeis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penguasaan materi pelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se Kota Padangsidimpuan. (2) kemampuan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se Kota Padangsidimpuan. (3) efektivitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se Kota Padangsidimpuan. (4) kontribusi penguasaan materi pelajaran terhadap efektivitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se Kota Padangsidimpuan. (5) kontribusi kemampuan guru mengelola kelas terhadap efektivitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se Kota Padangsidimpuan. (6) kontribusi penguasaan materi pelajaran dan kemampuan mengelola kelas terhadap efektivitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini digolongkan kepada penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 36 orang. Selanjutnya seluruh populasi ditetapkan sebagai sampel. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes dan angket. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Analisis statistik dilakukan dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for The Social Sciences versi 17.00) dan analisis statistik manual. Dari analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Penguasaan materi pelajaran guru Pendidikan Agama Islam se Kota Padangsidimpuan adalah 11,11% berada pada kategori tinggi, 66,67% sedang, dan 22,22% rendah. Jadi kecenderungan variabel penguasaan materi pelajaran guru Pendidikan Agama Islam se Kota Padangsidimpuan berada pada kategori sedang. (2) Kemampuan mengelola kelas guru Pendidikan Agama Islam se Kota Padangsidimpuan adalah sebanyak 13,89% berada pada kategori tinggi, 66,67% sedang, dan 19,44% rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecenderungan variabel kemampuan mengelola kelas guru Pendidikan Agama Islam se Kota Padangsidimpuan berada pada kategori sedang. (3) Efektivitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam se Kota Padangsidimpuan adalah sebanyak 13,89% berada pada kategori tinggi, 69,44% berada pada kategori sedang, dan 16,67% berada pada kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efektivitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam se Kota Padangsidimpuan berada pada kategori sedang. (4) Kontribusi penguasaan materi pelajaran (X 1 ) terhadap efektivitas mengajar guru (Y) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se Kota Padangsidimpuan adalah 26,21%. (5) Kontribusi kemampuan guru mengelola kelas (X 2 ) terhadap efektivitas mengajar guru (Y) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se Kota Padangsidimpuan adalah sebesar 25%. (6) Kontribusi penguasaan materi pelajaran (X 1 ) dan kemampuan guru mengelola kelas (X 2 ) terhadap efektivitas mengajar guru (Y) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri se Kota Padangsidimpuan adalah sebesar 25%.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 07 Apr 2017 09:02
Last Modified: 07 Apr 2017 09:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item